Iklan di bawah Navigasi

Manfaat Buah Kesemek untuk Program Kehamilan

Rumah Dosen - Buah kesemek sepertinya tidak terlalu populer. Akan tetapi buah ini ternyata mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan kita.

Rumah Dosen - Manfaat buah kesemeksumber gambar: google.com

Buah Kesemek berasal dari Tiongkok. Bentuknya bulat mirip sekali dengan buah tomat. Sudah tahukah Anda nama latin dari buah kesemek ini? ya, nama latin dari buah ini adalah Diospyros Kaki.  Buah ini memiliki rasa manis yang hampir serupa dengan rasa manis madu, buah ini kaya sekali akan kandungan vitamin dan memiliki manfaat yang baik bagi kesuburan organ reproduksi.

Meskipun belum ada kajian ilmiah yang memaparkan seberapa besar tingkat pengaruh mengonsumsi buah kesemek terhadap keberhasilan program kehamilan, namun kandungan yang ada pada buah ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan organ reproduksi manakala dikonsumsi secara teratur.

Selain untuk penunjang keberhasilan program kehamilan, baik juga untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebab mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun tumbuh kembang janin.

Baca Juga :
-    5 Keluhan Ini Kerap Dirasakan Ibu Hamil, Berbahayakah?
-    Agar Tidak Caesar, Cara Sederhana Ini Dapat Membantu Anda Melahirkan Normal

Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat buah kesemek untuk program kehamilan.

1. Kandungan tanin di dalamnya mampu membantu memperbaiki sel

Kesuburan seseorang dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi buah kesemek secara teratur atau rutin. Untuk cara mengkonsumsinya, ANda bisa memakannya lagsung atau hanya diambil ekstraknya saja. Hasil dari pada ekstraknya mempunyai kandungan enzim yang terurai dan terkumpul menjadi sebuah larutan. Dengan begitu khasiat dari buah kesemk ini bisa dirasakan langsung.

Kandungan tanin di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Karena tanin yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu memperbaiki sistem organ tubuh dan meregenerasi sel dengan cara memperbaiki sel-sel yang rusak serta menyingkirkan racun dalam tubuh.

Memang tidak hanya buah kesemek saja yang memiliki kandungan tatin di dalamnya. Namun, kandungan tanin pada buah kesemek ini berbeda dari kandungan tatin yang ada pada buah lain. Pada buah lainnya, kandungan tatin mudah hilang ketika buah itu semakin matang. inilah yang membedakan dari buah kesemek, kandungan tatin yang ada pada buah kesemek tidak mudah hilang atau tetap terjaga kandungan tatinnya meski buah kesemek sudah sangat matang.

2. Dapat menurunkan tingkat stres


Rumah Dosen - Stres saat hamil berbahaya bagi janinsumber gambar: google.com

Seseorang mengalami sulit untuk hamil salah satu penyebabnya adalah tingkat stres yang tinggi. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa stres yang berlebihan berpengaruh besar dalam menggangu sistem reproduksi. Akibat sistem reproduksi yang terganggu sehingga tidak mudah mengalami kehamilan.

Terdapat kandungan vitamin C sebanyak 7,5 mg serta kadar gula dan potassium dalam 100 gram buah kesemek yang bisa membantu menurunkan tingkat stres yang dialami.

Kandungan gula di dalamnya juga bisa meningkatkan kadar insulin sehingga bisa mensubtitusi energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Dengan dikonsumsi secara rutin dan teratur, buah kesemek bisa mencegah insomnia sehingga dapat membuat suasana hati tetap normal.

Baca Juga :
-    Ini Proses Melahirkan Normal, Ibu Hamil Wajib Tahu!
-    7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil

3. Meningkatkan stamina serta memperlancar metabolisme tubuh


Buah kesemek bisa membantu meningkatkan stamina tubuh serta dapat memperlancar metabolisme karena mempunyai kandungan vitamin B untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Metabolisme yang baik artunya bisa membuat organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik sehingga bisa tingkatkan kesuburan.

Kandungan fosfor dan kalsium yang terkandung di dalamnya bisa menjaga sistem saraf dalam tubuh supaya semakin optimal.

Jika kondisi tubuh mampu menyerap nutrisi dengan baik, maka produksi sel darah putih juga akan lebih baik. Dengan begitu, tubuh dapat terlindungi dari racun atau infeksi kuman.

4. Menurunkan resiko tjadinya anemia

Selain kandungan nurisi yang sudah disebutkan di atas, Buah kesemek juga memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,5 mg di tiap butirnya. Kandungan zat besi ini membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko terkena anemia.

Perlu Anda ketahui bahwa anemia dapat meningkatkan risiko komplikasi yang membahayakan. Kondisi semacam ini bisa meningkatkan resiko ibu hamil akan mengalami persalinan prematur.

Kadar hemoglobin dalam tubuh akan semakin membaik jika Anda mengonsumsi buah kesemek ni secara rutin dan teratur. Dengan demikian tentu dapat membuat kondisi tubuh Anda semakin sehat.

5. Menjaga tekanan darah

Hipertensi juga dapat Anda atasi dengan cara mengkonsumsi buah kesemek. selain itu, kandungan nutrisi di dalam buah ini dapat membantu merawat kesehatan jantung Anda. Mengapa demikian? karena buah ini kaya akan kalium. Sebanyak 310 mg kalium di dalamnya yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi dikatakan dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan organ reproduksi, terlebih lagi bagi ibu hamil, seorang ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi dapat membuat mengangu tumbuh kembang janin karena aliran darah ke plasenta kurang lancar. Dengan demikian asupan nutrisi dan oksigen untuk janin turut terganggu.

Dengan mengonsumsi buah kesemek secara rutin, teratur dan tidak berlebihan juga tentunya, tekanan darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik. hal ini juga dapat membuat organ reproduksi siap menerima pembuahan. Alasan ini pulalah mengapa buah ini dipercaya dapat meningkatkan kesuksesan program kehamilan Anda.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah kesemek.  Bgai Anda yang tengah hamil atau sedang melakukan program hamil, konsumsi buah kesemek secara rutin, teratur dan secukupnya guna membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan ataupun meningkatkan peluang terjadinya kehamilan bagi program hamil. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi tubuh dari berbagai makanan yang Ada konsumsi agar tubuh selalu sehat dan mudah beraktivitas.

Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER.

Terimakasih dan salam berbagi !

Baca juga artikel-artikel berikut :
   •  Tips-Tips Penting Saat Ibu Hamil Ibu Hamil Wajib Tahu
   •  Ketahui Posisi Tidur Terbaik Saat Ibu Hamil
   •  Mual Pada Masa Kehamilan Tidak Bisa Diobati Tapi Dikelola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel