Iklan di bawah Navigasi

9 Dampak Batuk Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Rumah Dosen - Batuk tidak boleh dianggap enteng atau disepelekan bagi ibu hamil. Kenapa? karena batuk dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Ibu hamil dengan minim pengetahuan tentang batuk dapat membahayakan dirinya dan juga janin dalam kandungannya. Selain berdampak buruk bagi keduanya, sedikitnya media informasi yang mengupas tentang bahaya batuk secara lebih mendalam bagi ibu hamil juga membuat minimnya pengetahuan ibu hamil akan bahaya batuk.

Baca Juga


Rumah Dosen - Batuk saat hamilsumber gambar: Dokter Sehat

Batuk akan menjadi berbahaya jika menyebabkan gangguan kesehatan bagi Anda seperti infeksi sinus, penyakit paru-paru dan masih banyak lagi lainnya. Gangguan kesehatan itu secara tidak langsung bisa berpengaruh bagi calon buah hati Anda.

Pada artikel kali ini kami rangkum sedikitnya terdapat sembilan dampak batuk yang berbahaya bagi ibu hamil di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Keguguran

Tentunya tidak ada yang menginginkan hal ini terjadi. Batuk yang tak kunjung sembuh dapat berakibat fatal yakni keguguran terutama kehamilan pada usia muda di bawah tiga bulan (trimester pertama). Alangkah baiknya melakukan pencegahan agar Anda terhundar dari batuk.

Jika batuk menyerang saat usia kehamilan Anda masih pada trimester pertama bisa berakibat pada keguguran akibat dari suara batuk dan hentakan dari batuk-batuk yang keras. Suara batuk yang keras akan menimbulkan tekanan di perut dan juga dibagian diafragma ibu hamil.

Baca Juga :  Ini Proses Melahirkan Normal, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Oleh karena itu segera periksakan ke dokter apabila gejala batuk mulai hadir agar Anda segera mendapatkan penanganan yang benar dan tepat dari pihak medis.

2. Lahir Prematur

Ibu hamil bisa melahirkan bayi secara pematur dikarenakan suara batuk yang keras akan membuat bayi terdorong ke luar dari rahim.

Hal itu mungkin terjadi bagi ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan juga serviks lunak. Serviks yang lunak dapat menyebabkan bayi terdorong keluar dari rahim secara tidak sadar.

3. Janin Terguncang

Bahaya lain dari batuk adalah guncangan terhadap kehamilan. Penyebabnya adalah intensitas batuk yang tingi hampir setiap menit dapat menyebabkan perut menjadi terguncang. Jika perut terguncang bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan ikut terguncang.

Bisa Anda bayangkan ketika ibu yang sedang hamil muda mengalami perut yang terguncang, janin yang ada di dalam perut berisiko terjadi keguguran.

Artikel rekomendasi untuk Anda:

4. Kematian Janin

Ibu hamil yang mengalami komplikasi batuk dapat membuat janin yang ada di dalam kandungan mengalami kematian. Misalnya saja ibu hamil mengalami batuk yang diakibatkan oleh penyakit paru-paru, ibu hamil harus mendapatkan penanganan yang tepat serta lebih lanjut sebab jika tidak segera ditangani dengan baik bisa membahayakan nyawa ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan.

5. Menimbulkan Rasa Nyeri


Rumah Dosen - Batuk sebabkan nyerisumber gambar: IDN Times

Batuk yang dialami oleh ibu hamil juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada perut. Rasa nyeri ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dengan perutnya. Ibu hamil yang mengalami nyeri perut akan merasakan kesakitan, sebab nyeri perut itu akan terasa seperti kontraksi dini.

Nyeri perut memnag dapat Anda redakan dengan berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur yang baik saat hamil yaitu, kepala lebih tinggi dari posisi tubuh. Rasa nyeri akibat batuk itu pun bisa sedikit dikurangi namun akan lebih baik jika Anda segera membawanya ke pihak medis agar mendaptkan penangan yang tepat sehingga batuk bisa terobati dengan lebih cepat.

6. Janin Terkena Infeksi

Batuk pada ibu hamil yang disebabkan oleh infeksi bisa mengakibatkan janin di dalam kandungan ikut terinfeksi. Sebab kuman yang menginfeksi tersebut dapat masuk ke plasenta dan masuk ke dalam tubuh bayi. Bayi yang sudah terasuki dengan kuman penyebab infeksi tersebut bisa terkena infeksi sehingga bayi pun akan mengalami infeksi seperti ibunya.

7. Rentan Terkena Virus

Bayi yang dikandung saat ibu mengalami batuk bisa membuat bayi rentan terkena virus. Misalnya saja ibu hamil mengalami penyakit bronkitis akibat virus yang ada di dalam tubuhnya. Janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil itu bisa rentan pula terkena virus yang dimiliki sang ibu, tidak mengherankan jika dilahirkan di dunia, bayi tersebut juga akan mengalami penyakit bronkitis seperti ibunya.

Virus bisa mudah merasuk ke dalam plasenta bayi, virus itu juga hidup di dalam aliran darah ibu hamil. Saat hamil, sel darah merah ibu dibagi menjadi dua yaitu untuk sang ibu dan bayi. Tidak heran jika melalui plasenta dan juga melalui aliran darah bayi bisa terkena virus bronkitis sang ibu.

Baca Juga :   7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil Wajib Anda Coba!

8. Pendarahan

Ibu hamil yang memiliki kandungan lemah dan pernah keguguran, batuk dapat menyebabkan flek bercak darah bagi ibu hamil.

9. Sesak Nafas

Akiat dari batuk yang dapat kami rangkum adalah batuk bagi ibu hamil akan rentan mengalami sesak nafas. Sebab batuk yang dialaminya dapat mempersempit saluran pernafasan bagi ibu hamil. Jika sudah sesak nafas, asupan oksigen di dalam tubuh akan berkurang begitu pula dengan asupan oksigen bayi dalam kandungan. Oksigen sangatlah penting untuk ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. Membiarkan ibu hamil tetap mengalami sesak nafas bisa membuat bayi lemas di dalam kandungan.

Selama ini, batuk hanya dikenal dua macam saja yakni batuk ringan dan batuk berdahak. Namun siapa sangka jika batuk memiliki berbagai dampak yang sangat serius untuk diwaspadai. Berikut ini ada berbagai macam jenis batuk yang harus Anda waspadai di antaranya adalah:


Baca Juga


1. Batuk yang tidak kunjung sembuh
Jika batuk yang anda alami tidak kunjung sembuh selama dua minggu, Anda perlu waspada. Batuk semacam ini isa sebabkan kondisi tubuh Anda semakin memburuk dari waktu ke waktu. Batuk biasanya disertai dengan komplikasi seperti rasa lelah, nyeri pada dada, batuk disertai lendir bercampur darah, hingga menimbulkan suara serak dan juga sesak nafas.

Ibu hamil tidak boleh menganggap remeh batuk dengan ciri-ciri seperti ini. Gejala tersebut merupakan salah satu ciri gejala kanker paru-paru. Segeralah periksakan kondisi Anda ke dokter agar tidak terlambat mendapatkan penanganan yang tepat dari pihak medis.

2. Batuk dengan sakit maag
Batuk yang tidak boleh disepelekan lagi bagi ibu hamil adalah batuk yang disertai dengan maag. Ibu hamil yang mengalami batuk disertai maag adalah indikasi penyebab penyakit maag kronis. Jika ibu hamil mengalami maag kronis akibatnya adalah ibu hamil akan terganggu kesehatannya dan juga janin yang ada dalam kandungannya.

Baca Juga :  Agar Tidak Caesar, Cara Sederhana Ini Dapat Membantu Anda Melahirkan Normal

3. Batuk dengan sesak nafas
Batuk yang disertai sesak nafas merupakan salah satu ciri-ciri penyakit paru-paru. Ibu hamil akan mengalami sesak nafas sehingga membuat kondisi kesehatannya semakin memburuk.

4. Batuk saat malam Hari disertai dahak
Ketika di malam hari Anda mengalami batuk berdahak bisa jadi Anda sedang mengalami kekambuhan asma. Batuk berdahak dan berlendir saat di malam hari akan menyakitkan bagi ibu hamil. Batuk itu juga menyebabkan ibu hamil bersuara serak dan juga sesak nafas.

5. Infeksi Sinus
Batuk disertai dengan tenggorokan yang kering, influenza, hidung terasa sengau dan biasanya juga disertai dahak yang berlebih. Ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami infeksi sinus. Infeksi sinus tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan ibu hamil tidak bisa bernafas dengan lega.

Nah itulah tadi beberapa dampak buruk akibat batuk yang harus Anda wasapadai. Seringan apapun rasa sakit yang Anda rasakan jangan pernah menyepelekannya. Segera konsultasikan ke dokter karena tidak menutup kemungkinan sesuatu yang Anda anggap hanyalah penyakit sepele tenyata merupakan hal yang serius menurut pihak medis. Dengan begitu Anda bisa menjaga kehamilan agar tetap sehat dan janin yang ada dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Terlebih sat ini yang sedang marak dibicarakan dalam dunia internasional adalah wabah penyakit dari virus corona. Tetaplah jaga kesehatan, selalu lakukan perilaku hidup sehat dilingkungan keluarga Anda.

Semoga informasi ini dapat menambah wawsan Anda tentang penyakit batuk dan semoga bermanfaat tentunya. Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada saudara Anda agar semakin banyak yang mengetahui dampak-dampak berbahaya akibat batuk terutama bagi ibu hamil.

Terimakasih dan salam berbagi!

Baa Juga :


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel