Iklan di bawah Navigasi

7 Cara Ini Ampuh Bikin Suami Berhenti Merokok

Rumah Dosen - Suami yang tidak merokok atau berkeinginan untuk berhenti merokok adalah kabar bagus yang dinanti-nantikan oleh para istri. Selain suami harus berusaha keras meninggalkan kebiasannya yang sudah kencanduan akan hisapan tembakau, Anda juga bisa membantunya loh Bun.

Sebenarnya bisa kita katakan semua orang tahu akan bahaya rokok dan tidak sedikit pula yang sebenarnya menyadari bahaya yang ditimbulkan akibat merokok. Bahaya tersebut selain berdampak buruk bagi diri sendiri (perokok) maupun kepada orang lain di sekitar yang turut mencium atau menghirup asap rokoknya.

Baca Juga :  5 Hal Mengesankan yang Dilakukan Bayi Saat di Kandungan

Namun sangat disayangkan, mengetahui serta menyadari bahaya akan rokok saja tidak cukup menjadikan seseorang pecandu rokok untuk berhenti merokok. Meski di negeri kita umumnya perokok adalah laki-laki namun bisa saja merokok itu dilakukan oleh perempuan.

Sebagai seorang istri yang baik dan mendambakan kesehatan keluarga, sudah barang tentu Anda ingin membantu suami menjalani hidup yang lebih sehat bebas dari aktivitas menghirup asap tembakau yang mengandung banyak racun serta zat kimia berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan kasih 7 cara yang dapat Anda praktikan agar suami bisa segera meninggalkan rokok.

Simak baik-baik ya Bun!


Rumah Dosen - Ayo berhenti merokoksumber gambar: IDN Times

1. Mengingatkan suami agar berhenti merokok tanpa terkesan menceramahi

Anda bisa bayangkan sendiri jika Anda sendiri diceramahi tanpa henti bagaimana perasaan Anda? ya, kesal bukan? Nah jadi usahakan Anda tidak melakukan hal seperti ini dalam memotivasi suami agar berhenti merokok.

Ada banyak pilihan bagaimana Anda mengingatkan suami tanpa terkesan menceramahinya. Misalnya saja, Anda bisa memujinya dengan berkata bahwa Anda sangat mengapresiasi bajunya yang tak lagi bau rokok seperti biasa.

Baca Juga :  3 Mitos Ibu Hamil ini Ternyata Menyimpan Kebenaran

Dengan cara seperti ini akan memudahkan Anda dalam mencuci karena selama ini Anda selalu memisah baju berbau rokok dan tidak.

Rumah Dosen - Nasehati suami agar berhenti merokoksumber gambar: google.com

2. Mengingatkan suami untuk memprioritaskan hal yang lebih penting

Sebagai pasangan, Anda bisa menghitung bersama-sama berapa biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan hanya untuk menyalakan asap tembakau. Setelah itu, Anda bisa mulai dengan kata-kata 'andaikan saja' tentang benda-benda apa saja yang mungkin sudah dapat kalian miliki di rumah jika uang rokok dialokasikan untuk hal tersebut.

Menceritakan mimpi Anda tentang pentingnya memiliki kebiasaan hidup sehat di lingkungan keluarga juga dapat membantunya sadar dan mampu mengendalikan diri saat bertekad untuk berhenti merokok.

Lebih jauh lagi bisa Anda sampaikan bahwa anak juga perlu menghirup udara yang lebih bersih darivpada yang selama ini dihirupnya.

3. Mengalihkan perhatian suami ketika rasa ingin merokok muncul

Anda dapat mencoba memberikan pengganti rokok untuk suami, permen misalnya atau sekedar ngemil bersama-sama, atau sediakan inhaler yang bisa dihirup sebagai pengalih keinginan suami untuk merokok.

Menemaninya berolahraga juga bisa menjadi cara yang tepat untuk mengalihkan perhatian suami terhadap keinginanya untuk merokok. Olahraga berenang misalnya, selain tidak memungkinkan untuk disambil merokok, berenang bersama suami bisa menjadi moment yan seru untuk bercanda dan tertawa bersama-sama sambil bermain air. Sepertinya akan menjadi waktu yang lebih menyenangkan dibandingkan duduk sambil menghisap sebatang rokok.

Baca Juga :
Tidak mungkin dong setiap kali ada keinginan untuk kembali menghisap rokok Anda ajak berenang. Coba lakukan hal lain yang lebih variatif agar tidak membosankan. Misalnya Jalan-jalan, nonton film bersama, masak bareng menu kesukaan, melukis atau mungkin berkebun.

4. Pertimbangan waktu dan tempat

Tidak semua tempat bisa digunakan sebagai area yang nyaman dan enak untuk merokok. Seperti ruangan ber-AC misalnya atau tempat umum lainnya. Anda bisa mengajaknya untuk jalan-jalan ke tempat yang tidak memungkinkan untuk seseorang merokok setiap kali ia ingin merokok.

Pertimbangan waktu juga penting sebagai sarana mencegah seseorang merokok. Misalnya di saat bulan puasa tiba.

5. Meredakan setiap gejala kecanduan yang muncul

Ketika seseorang berhenti melakukan hal-hal yang sudah membuatnya kecanduan, biasanya akan muncul gejala-gejala sepeti rasa cemas, rasa marah, rasa putus asa, hingga tingkat kesetresan yang meningkat. Meningkatnya selera makan yang berakibat pada naiknya berat badan, dan sebagainya juga bisa saja terjadi.

Jika suami Anda mulai menunjukkan beberapa gejala seperti di atas setelah ia memutuskan untuk berhenti merokok, maka Anda tidak perlu khawatir ya Bun. Justru Anda akan menemukan cara untuk mengatasi itu semua karena Anda tahu bahwa yang ia lakukan bukanlah hal yang disengaja.

Berhenti dari kebiasaan yang sudah rutin dilakukan selama bertahun-tahun memang tidaklah mudah.

Namun tidak berarti menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan kan?. Berikan saja apresiasi pada setiap usaha suami Anda dalam upayanya berhenti merokok. Hal ini Anda lakukan agar ia tahu bahwa Anda menghargai setiap usaha yang ia lakukan.

Baca Juga :
6. Tawarkan produk pengganti rokok

Menggunakan produk pengganti rokok merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat suami berhenti merokok. Produk pengganti rokok juga sering kali lebih murah daripada harga rokok.

Rumah Dosen - Permen sebagai pengganti rokoksumber gambar: POP Mama

Produk pengganti rokok yang bisa Anda tawarkan pada suami seperti Permen, tablet hisap, seniprotan hidung atau inhaler.

7. Terus berikan dukungan untuk berhenti merokok

Salah satu cara yang sulit namun efektif untuk membantu pasangan berhenti merokok adalah bersikap suportif. Terlebih jka suami Anda sedang menghadapi masa yang sulit. Seperti kita tahu bahwa nikotin merupakan zat yang membuat seseorang menjadi kecanduan. Kecanduan akibat zat nikotin dapat menyakitkan secara emosional dan juga secara fisik.

Jika sudah terlanjut kecanduan, biasanya seseorang akan sangat sulit untuk menghindar dari sesuatu yang sudah membuatnya kecanduan. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda selalu memberikan dukungankepada suami Anda tercinta untuk melawan kecanduannya yang ia alami.

Kebanyakan para pecandu rokok yang mencoba untuk berhenti merokok, tidak langsung berhasil pada percobaan pertama. Pemahaman dan dukungan keluarga yang berkelanjutan akan membuat seorang perokok terus berusaha hingga akhirnya ia berhasil berhenti merokok.

Nah, itulah 7 cara yang dapat Anda coba untuk membantu suami berhenti melakukan kebiasan merokok. Semoga informasi ini memberikan manfaat dan jangan lupa untuk selalu share artikel yang baru saja Anda baca agar semakin banyak yang dapat mengehntikan kebiasan menghisap asap tembakau ini.

Jika Anda tertarik dengan konten artikel-artikel yang kami tulis di sini, silahkan isi alamt Anda pada kolom NEWSLETTER di sidebar yang sudah kami sdiakan agar Anda selalu mendapatkan notifikasi artikel terbaru kami secara GRATIS!

Terima kasih dan salam berbagi!

Artikel pilihan untuk Anda :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel