Iklan di bawah Navigasi

5 Jenis Olahraga ini Dapat Meningkatkan Peluang Hamil

Rumah Dosen - Bagi pasangan yang belum lama menikah biasanya langsung merencanakan program kehamilan. Namun tidak sedikit pula yang menunggu relatif lama hingga akhirnya hail juga. Nah pada artikel kali ini, kami informasikan 5 jenis olahraga yang bisa Anda coba untuk mensukseskan program hamil yang sedang Anda lakukan.

Ketika Anda memiliki rencana program hamil, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan. Seperti kondisi kesehatan reproduksi, kesuburan rahim, pola makan, gaya hidup, hingga tingkat kebugaran tubuh.

Rumah Dosen - Olahraga tingkatkan peluang hamilsumber gambar: hellosehat.com

Olahraga yang tepat saat melakukan program halmil juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Selain untuk meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga juga dapat membantu mempersiapkan kondisi tubuh Anda agar siap dengan kehamilan. Bahkan olahraga juga dapat meningkatkan peluang kehamilan bagi Anda yang mempunyai masalah kesuburan.

Baca Juga : Manfaat Buah Kesemek untuk Program Kehamilan

Jika Anda bukan orang yang memiliki kebiasan berolahraga rutin, Anda dapat mengawalinya dengan dengan latihan-latihan sederhana, mudah, ringan, dan dilakukan secara perlahan.

Olahraga demi meningkatkan tingkat kesuburan tidak berarti Anda langsung melakukan olahraga yang melelahkan atau berat setiap hari. Lima olahraga berikut ini sederhana, ringan dan tidak terlalu melelahkan namun memilki efek yang cukup besar untuk mensukseskan program hamil Anda. Apa saja jenis olahraga tersebut, mari kita simak bersama!

1. Berjalan kaki santai dan jogging ringan


Rumah Dosen - Joging tingkatkan peluang hamilsumber gambar: cloudfront.net

Menurut Ahli kebugaran, Dr. Joanna Helcke menyebutkan bahwa pada saat hamil dan pasca melahirkan, latihan paling sederhana yang bisa Andalakukan dalam upaya meningkatkan kebugaran tubuh adalah dengan berjalan kaki.

Jika Anda merasa lebih sehat dan bugar, kesuburan organ reproduksi Anda pun turut meningkat.

Mulailah berkeliling komplek dengan berjalan kaki santai, kemudian sedikit demi sedikit ditambah jarak dan kecepatannya hingga meningkat menjadi lari-lari kecil atau joging ringan.

Lakukanlah latihan semacam ini setidaknya 15 sampai 30 menit setiap hari. Jika setiap hari Anda keberatan, cobalah untuk melalkukanya dalam 2 atau 3 kali seminggu.

Pastikan tubuh Anda cukup bergerak dan berkeringat sampai detak jantung Anda meningkat. Latihan sederhana ini akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, yang penting bagi kesehatan organ reproduksi Anda. Selamat mencoba ya!

2. Pilates


Rumah Dosen - Pilates tingkatkan peluang hamilsumber gambar: hellosehat.com

Pilates sangat membantu menguatkan bagian perut dan postur tubuh sebelum Anda mengalami masa kehamilan. Jadi, sangat bermanfaat untuk kehamilan Anda nantinya. Dengan postur tubuh yang kuat serta ketahan perut kuat dapat melindungi Anda dari masalah sakit punggung saat hamil yang umumnya dikeluhkan oleh banyak ibu hamil. Selain itu dengan melakukan latihan pilates pemulihan pasca melahirkan akan menjadi lebih cepat. Keuntungan lainnya adalah rasa stres dan tekanan yang menghambat kehamilan juga dapat dihindari melalui latihan pilates.

3. Yoga


Rumah Dosen - Yoga tingkatkan peluang hamilsumber gambar: google.com

Hampir sama dengan pilates, hasil penelitan telah banyak yang dapat menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi rasa stres yang dapat memengaruhi kesuburan organ reproduksi.

Pose-pose tertentu pada yoga juga dipercaya oleh para ahli dapat membantu mempercepat proses konsepsi dengan meningkatkan aliran darah di daerah panggul, merangsang kelenjar penghasil hormon kesuburan dan melepaskan ketegangan otot. Anda dapat mencoba atihan yoga ini dalam 4 hingga 5 kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik.

Baca Juga yuk!
-     7 Hal ini Sebaiknya Anda Hindari Saat Hamil Muda
-     7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil
-     5 Keluhan Ini Kerap Dirasakan Ibu Hamil, Berbahayakah?

4. Peregangan atau Stretching


Rumah Dosen - Peregangan otot saat bangun tidursumber gambar: gaya.tempo.co

Peregangan setelah bangun tidur dapat membantu otot melepaskan sifat kimia alami tertentu yang menyebabkan nyeri otot saat beraktivitas. Sebelum melakukan olahraga, peregangan juga dianjurkan untuk mencegah terjadinya cidera.

Peregangan juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya keluhan pada kehamilan, seperti nyeri panggul atau kram, hal ini karena tubuh Anda sudah terbiasa terlatih lebih lentur.

5. Latihan ringan untuk menguatkan otot


Rumah Dosen - Latihan otot tingkatkan peluang hamilsumber gambar: google.com

Meningkatkan massa otot dapat memberikan efek positif bagi organ reproduksi Anda, serta dapat meningkatkan stamina serta ketahanan tubuh. Otot juga membantu mengurangi resistensi insulin bagi perempuan. Bagi laki-laki, kekuatan otot telah terbukti meningkatkan kadar testosteron.

Baca Juga   7 Makanan ini Sangat Mendukung Program Hamil Anda

Anda dapat mencoba melakukan latihan otot ini dalam intensitas yang rendah hingga sedang selama 3 kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, lakukan lima macam olahraga di atas dalam intensitas rendah hingga sedang saja ya Bun. Karena ika berlebihan hingga kelelahan jutru itu akan menurunkan peluang hamil yang Anda idam-idamkan.

Nah dari uraian di atas tadi kami kerucutkan dalam simpulan berikut agar bisa lebih dipahami poin-poin penting dari berolahraga. Apa saja manfaatnya?
  • Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, jantung, hingga menjaga berat badan ideal.
  • Olahraga yang teratur memiliki efek yang baik bagi kesuburanmu organ reproduksi.
  • Olahraga dapat menurunkan tingkat stres.
  • Olahraga dapat meningkatkan gairah berhubungan intim baik pada laki-laki maupun pada perempuan.
  • Olahraga yang Anda lakukan pra hamil juga akan terasa manfaatnya saat hamil.
  • Olahraga teratur dapat mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol, membangun stamina, meningkatkan energi, sehingga kehamilanmu nanti akan lebih mudah dijalani.  
Nah, itulah 5 jenis olahraga yang dapat ANda praktikan guna meningkatkan peluang kehamilan yang Anda inginkan.

Baca juga :  5 Jenis Buah Ini Ampuh Atasi Mual Saat Hamil Muda

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

Rekomendasi untuk Anda :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel