Iklan di bawah Navigasi

5 Jenis Buah Ini Ampuh Atasi Mual Saat Hamil Muda

Rumah Dosen - Mual-mual bahkan sampai muntah memang kerap dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Mual merupakan salah satu pertanda adanya kehamilan dan sepertinya hampir tidak ada wanita hamil yang tidak merasakan mual saat mereka hamil. Mual menjadi sensasi tersendiri yang tidak jarang membuat tubuh Anda lelah karena mual sampai harus muntah.

Rumah Dosen - Buah yang bagus bagi ibu hamilsumber gambar: google.com

Rata-rata wanita hamil mengalami mual pada masa awal kehamilan atau pada trimester pertama. Biasanya mual ini akan Anda alami dalam 3 bulan pertama masa kehamilan. Tidak hanya saat pagi hari, pada beberapa wanita hamil mual bisa terjadi hampir sepanjang hari.


Meningkatnya kadar esterogen dalam tubuh saat hamil itulah yang memicu munculnya rasa mual. Selain itu, kadar gula darah rendah juga merupakan salah satu faktor terjadinya mual. Faktor eksternal juga berpengaruh memicu terjadinya rasa mual seperti aroma yang tidak Anda sukai. Mengapa demikian? Karena pada saat Anda mengalami kehamilan, sensitifitas indera penciuman Anda juga meningkat sehingga Anda rentanan terhadap beberapa aroma yang tidak Anda sukai. Akibatnya, munculah rasa mual-mual. Misalnya, aroma perfum yang menyengat atau bau masakan tertentu.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil

Sebenarnya kondisi mual dan muntah pada awal kehamilan adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun, jika mual dan muntah yang Anda alami sampai mengakibatkan Anda dehidrasi hingga penurunan berat badan secara signifikan, ada baiknya Anda konsultasikan ke dokter kandungan untuk memperoleh cara penanganan yang baik dan tepat.

Jika mual dan muntah yang Anda alami masih tergolong wajar, ada beberapa cara untuk meminimalisir rasa mual itu hadir. Salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan. Jangan sampai rasa mual yang Anda rasakan menjadikan Anda tak acuh terhada asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh Anda dan si janin.

Berikut kami berikan informasi beberapa jenis buah-buahan yang ampuh membantu Anda dalam mengatasi rasa mual saat hamil:

1. Apel merupakan buah kaya serat yang ampuh redakan mual

Rumah Dosen - Buah apel baik untuk ibu hamilsumber gambar: google.com

Apel adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat. Serat sendiri bisa membantu dalam menyingkirkan racun dalam tubuh dengan lebih cepat serta dapat meringankan pencernaan. Dan kabar baiknya juga, serat pada buah apel juga dapat mengatasi rasa mual saat hamil.

Tapi perlu diingat ya Bun, segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik seperti halnya buah apel. Jangan terlalu banyak saat mengonsumsinya ya Bun. Satu buah apel utuh saja sudah cukup. Jika memakannya langsung terlihat kurang menarik, membuatnya menjadi segelas jus atau pasta segar juga bisa Anda coba.

Apel juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil selain untuk meredakan rasa mual. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya sangat penting bagi perkembangan tulang janin. Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya juga turut membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda dan calon sang buah hati dalam kandungan.

2. Pisang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil muda

Rumah Dosen - Buah pisang baik untuk ibu hamilsumber gambar: google.com

Mual sampai berujung pada muntah yang berlangsung cukup lama bisa menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Akibat dari muntah-muntah yang berlebih membuat Anda lemas sehingga menggangu fungsi organ tubuh.

Jika Anda mengalami kondisi semacam ini, cobalah mengonsumsi buah pisang. Dengan makan buah ini, Anda bisa memulihkan kembali potassium dan kalium yang hilang setelah muntah. Tingkat pH dalam tubuh dapat menurun akibat dari lendir buah pisang yang melapisi perut bagian dalam sehingga dapat meredam rasa mual.

Selain apel, pisang juga buah yang kaya akan serat. Kandungan vitamin B-6, dan vitamin C yang baik untuk sistem pencernaan juga terdapat dalam buah pisang. Dengan negonsumsi buah pisang yang cukup bisa mencegah terjadinya sembelit pada saat hamil.

Artikel pilihan :
-   7 Hal ini Sebaiknya Anda Hindari Saat Hamil Muda
-   5 Keluhan Ini Kerap Dirasakan Ibu Hamil, Berbahayakah?

3. Lemon dapat penuhi perkembangan otak janin

Rumah Dosen - Buah lemon baik untuk ibu hamilsumber gambar: google.com


Buah lemon bisa membantu Anda meredam rasa mual pada trimester pertama kehamilan. Buah dengan warna kuning cerah ini membantu menyingkirkan racun dalam tubuh. Untuk meredam rasa mual, buah lemon dapat Anda potong kemudian dihirup aroma buah lemon atau dapat juga Anda iris tipis-tipis kemudian dicampurkan ke dalam teh.

Tidak hanya mmapu meredakan rasa mual saja loh. Mengonsumsi buah lemon juga bisa membantu memenuhi nutrisi perkembangan otak janin, khususnya pada hippocampus yang bertanggungjawab untuk kekuatan daya ingat.

kandungan folat dalam buah lemon juga penting pada masa kehamilan. Folat dapat membantu mengurangi resiko cacat tabung saraf janin, seperti anencephaly dan sina bifida. Cacat ini bisa berpengaruh terhadap sumsum tulang belakang dan otak si kecil.

Ini bukan hanya asumsi saja loh Bun, sebuah penelitian di tahun 2014 menemukan fakta bahwa hanya dengan menghidup aroma lemon segar saja, rasa mual dan muntah yang biasa dialami ibu hamil dapat dihindari atau setidaknya frekuansi mual dan muntah tidak terlalu sering.

4. Semangka dapat meredakan mual dan muntah

Rumah Dosen - Buah semangka baik untuk ibu hamilsumber gambar: google.com

Seperti sudah kita tahu bersama, buah semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air. Ada banyak sekali manfaat dari mengonsumsi buah semangka secara rutin pada masa kehamilan.

Buah hijau besar ini memiliki kandungan likopen dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kebal terhadap serangan infeksi. Kandungan air yang tinggi serta gula alami yang terkandung dalam buah ini dapat meringankan rasa mual pada trimester pertama masa kehamilan.

Kandungan mineralnya juga bisa bantu mencegah kram otot pada masa kehamilan di trimester ketiga. Anda bisa mengonsumsinya langsung dengan cara dipotongan kecil-kecil atau Anda olah menjadi segelas jus, atau es pop semangka.

5. Berbagai buah lain yang kaya kandungan air

Rumah Dosen - Buah strobery baik untuk ibu hamilsumber gambar: google.com

Seperti yang sudah kami sapaikan di atas tadi, bahwa rasa mual hingga berujung pada muntah di masa awal kehamilan dapat mengakibatkan dehidrasi jika berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Padahal, di masa awal kehamilan justru Anda sangat membutuhkan banyak cairan dalam tubuh.

Dehidrasi biasanya ditandai dengan beberapa ciri-ciri, seperti berkurangnya frekuensi buang air kecil, tenggorokan yang cepat haus, mata ngantuk, sakit kepala hingga mulut yang terasa kering dan lengket.

Saat Anda mengalami hal ini, beberapa buah-buah dengan kandungan air yang tinggi bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Misalnya, buah tomat atau strobery. Buah tomat memiliki kandungan air yang cukup tinggi begitu juga setrobery.

Dengan mengonsumsi strobery secara teratur dapat meminimalisir peradangan. Buah setrobery juga dapat melindungi Anda dari berbagai jenis penyakit seperti, diabetes, penyakit jantung, Alzheimer dan juga berbagai jenis kanker.

Kemudian buah tomat, 94% dari komponen buah ini adalah air sehingga bisa membantu tubuh Anda tetap terhidrasi dan fit.

Selain kandungan airnya yang tinggi, tomat juga kaya akan serat serta beberapa antioksidan termasuk likopen. Hasil penelitian menyebutkan bahwa likopen memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah, itu tadi beberapa buah-buahan yang bisa membantu meredakan rasa mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan.

Selain dengan buah-buahan, minum air putih yang cukup (10 sampai 12 gelas per hari), istirahat yang cukup, serta mengonsumsi suplemen vitamin tambahan khusus ibu hamil juga dapat meredakan rasa mual dan muntah. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin guna mendapatkan cara-cara penanganan yang benar dan tepat pada setiap kejala yang Anda alami.

Baca juga:


Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel