Iklan di bawah Navigasi

5 Daftar Minuman Rendah Kafein yang Aman Diminum Selama Kehamilan

Rumah Dosen - Selama masa kehamilan, asupan baik makanan maupun minuman yang mengandung zat kafein tinggi wajib dihindari. Meski idealnya demikian, nyatanya tidaklah mudah bagi mereka yang sudah menjadi penikmat kopi dan teh misalnya. Kopi salah satu jenis minuman yang banyak memiliki kandungan kafein tinggi begitupun dengan teh.

Americanpregnancy menjelaskan, mungkin Anda harus melepaskan kafein selama kehamilan. Mengapa? karena hasil dari reset medis menemukan fakta bahwa kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Rumah Dosen - Ngetehnya ibu hamilsumber gambar: Asian Parent

Olah karena itu, menukar kopi atau teh dengan variasi minuman lain saat sedang hamil adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga :  7 Hal ini Sebaiknya Anda Hindari Saat Awal Usia Kehamilan

Nah, inilah dia 5 daftar minuman rendah kafeein yang dapat Anda jadikan sebagai pengganti kopi dan teh selama masa kehamilan.

Kita simak bersama yuk!


1. Kopi chicory rendah kafein yang sangat cocok buat Anda penikmat kopi


Salah satu alternatif minuman berkafein namuntetap aman diminum saat masa kehamilan adalah kopi chicory. Kopi chicory ini diolah dari akar tanaman chicory yang dipanggang, digiling kemudian diseduh sehingga menghasilkan minuman seperti layaknya kopi.

Rumah Dosen - Kopi chicorysumber gambar: meramuda.com

Menurut Veganlifemag, kopi chicory dapat menjadi minuman yang enak sekaligus sehat selama masa kehamilan. Kopi chicory juga dipercaya dapat mengurangi retensi air yang berkaitan dengan kehamilan meskipun fakta medis belum banyak penelitian lebih lanjut.

Kopi chicory juga mengandung probiotik dan inulin yang kuat untuk membantu memerangi beberapa masalah pencernaan dan usus di masa kehamilan.

2. Teh daun raspberry yang kaya akan vitamin


Rumah Dosen - Teh daun rasberrysumber gambar: Arbata

Menurut pihak medis, mengonsumsi 0 hinga 49 mg kafein masih dianggap rendah dan tergolong aman bagi ibu hamil sedangkan jika diminum lebih dari 300 mg tergolong tinggi dan berisiko jika terus-terusan dikonsumsi selama masa kehamilan.

Oleh karena itu, jika Anda biasanya menikmati jenis teh yang tingi kafeein, cobalah untuk beralih ke teh daun raspberry. Teh dari daun raspberry ini memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan daun tek asli dan rasanya serta aromanya pun bisa terbilang lebih nikmat.

Healthline menyatakan bahwa teh dari daun raspberry merah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan juga memiliki kontribusi pada sifat antioksidan.

Selain itu, teh yang dterbuat dari daun raspberry juga mengandung fragarine. Dimana fragarine yang terdadat di dalamnya bisa membantu Anda untuk mengencangkan otot pada daerah panggul.

Baca Juga Artikel Berikut :

3. Teh herbal yang aman diminum selama masa kehamilan


Rumah Dosen - Teh herbalsumber gambar: Shutter Stock

Selain teh dari daun raspberyy, Anda juga bisa menganti teh Anda dengan teh herbal. Seperti dikutip dari Pregnancybirthbaby, bahwa teh herbal ini berasal dari akar, beri, bunga, biji maupun daun tanaman yang dibuat secara komersial sehinga aman diminum selama masa kehamilan.

Salah satu teh herbal seperti teh dari jahe atau teh peppermint bisa membantu ibu hamil mengatasi mual di pagi hari atau morning sickness. namun sebaiknya hanya 1 sampai 2 cangkir saja per hari ya Bun ! Ingat, sesuatu yang berlebih pastinya tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga :

4. Teh putih dengan rasa yang sangat ringan


Rumah Dosen - Teh putihsumber gambar: tstatic.net

Tahukan Anda ? White tea atau teh putih memiliki kandungan antioksidan yang cukup inggi loh bahkan diklaim 2 kali lipat lebih tiggi dari teh hijau. Sifat dari zat antioksidan adalah dapat membantu perlindungan saraf sel-sel.

Selain kandungan anti oksidan yang baik untuk tubuh, teh putih juga merupakan teh yang rendah kafein. Banyaknya kafeein yang terkandung di dalamnya hanya sekitar 30 sampai 50 mg sedangkan pada teh hijau atau green tea sebanyak 35 hinnga 70 mg kafeein di dalamnya. Jadi teh putih sepertinya lebih kami rekomendasaikan untuk Anda yang penikmat teh ya Bun.

Seperti telah kami kutip dari Lybrate, teh putih adalah jenis teh yang sangat berbeda dan dapat melampaui aspek kesehatan daripada teh biasa. Warna teh putih yang diseduh berwarna kuning pucat ini memiliki rasa yang sangat ringan namun manis.

5. Teh rooibos 100% bebas kafein


Rumah Dosen - Teh rooibossumber gambar: akamaized.net

Selain kopi dan teh altrnatid di atas, teh rooibos organik juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil. Teh yang sudah dikenal sebagai teh merah atau teh semak merah ini memiliki aroma yang khas dan pastinya Anda akan suka.

Dikutip dari Redespresso yang mengatakan bahwa minum teh rooibos jauh lebih enak sekaligus dapat dilakukan sepanjang hari selama kehamilan. Teh rooibos adalah ramuan herbal yang menawarkan banyak manfaat bagi ibu hamil.

Dan hasil uji laboratorium menemukan fakta yangluar biasa bahwa teh rooibos ini 100% bebas dari kafein dan mengandung antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh.

Meski menurut Redespreso tadi bahwa teh ini dapat dikonsumsi sepanjang hari, namun disarankan untuk diminum saat masa kehamilan maksimal hanya dalam tiga cangkir saja per hari.

Nah, itulah kelima pilihan alternatif minuman rendah kafein yang dapat Anda coba sebagai penganti teh dan kopi yang tinggi kafeein. Karena selain rendah kafein juga mengandung zat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Jika perlu, konsultasikan kepada dokter kandungan Anda tentang minuman apa yang lebih cocok bagi Anda sebagai pengganti kebiasan ngeteh atau ngopi.

Artikel pilihan :
Oia Bun, jangan lupa bagikan atau share artikel ini kepada saudara Anda agar semakin banyak yang tahu dan memperoleh manfaat dari artikel kami. Caranya? klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten kami, silahkan berlanggan dengan mengirim alam email Anda kepada kami melalui kolom NEWSLETTER yang telah kami sediakan di sidebar web ini. Jadi Anda tidak akan ketingalan artikel terbaru kami karena akan mendapatkan notifikasi melalu email secara GRATIS !

Terima kasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel