Iklan di bawah Navigasi

Posisi Tidur Terbaik Saat Ibu Hamil Ibu Hamil Wajib Tahu

Rumah Dosen - Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Tips-Tips Penting Saat Ibu Hamil, bagaimana? Apakah sudah dilakukan tips-tipsnya bunda? Jika belum baca jangan lupa baca terlebih dulu ya.

Nah bagi ibu hamil biasanya masih bingung nih bagaiaman posisi tidur yang baik. Baik di sini adalah baik untuk si calon bayi dalam kandungan ya Bu. Sebenarnya posisi tidur yang bagaimanakah yang dapat memberikan rasa nyaman sekaligus aman bagi bayi? Berikut beberapa posisi tidur yang dapat dipraktekkan oleh ibu hamil.

Rumah Dosen - Posisi tidur bagi ibu hamilsumber gambar: google.com/

1. Tidur Dengan Posisi Tengkurap
Posisi ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil, tapi biasanya pada kehamilan trimester pertama memang sebenarnya masih aman. Namun, adanya pembesaran payudara dan payudara juga lebih sensitif tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap.

Pada saat di mana perut Anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu), tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak dianjurkan. Selain karena tidak nyaman, sebab Anda harus menyokong paha dengan bantal akibat perut yang mulai membesar, posisi ini juga dapat membahayakan janin.

Nah cukup jelas ya Bu, unutuk pisis tidur yang satu ini kesimpulannya kurang baik atau tidak dianjurkan buat ibu hamil. Next ke posisi tidur berikutnya.

2. Tidur Dengan Posisi Telentang
Posisi tidur ini dianjurkan untuk ibu hamil yang usia kehamilannya belum mencapai 16 minggu. Memasuki minggu ke-16, ibu hamil sebaiknya tidak tidur telentang. Sebab, dengan tidur posisi telentang Anda meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior.

Tidur posisi ini dapat meningkatkan risiko sakit pinggang, wasir, dan gangguan pencernaan, dan menganggu pernafasan dan sirkulasi. Selain itu, jika tidur terlentang pada trimester kedua dan tiga bisa berpengaruh pada tekanan darah. Untuk beberapa wanita, bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang membuat mereka merasa pusing, sedangkan pada sebagian yang lain, malah meningkatkan tekanan darah.

Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur dengan posisi telentang sangat tidak dianjurkan.

3. Posisi Miring Ke Kanan
Posisi tidur ini bisa jadi membuat Anda nyaman. Tapi, janin tidak akan merasakan hal yang sama. Hal itu disebabkan karena dia akan menggantung, karena posisinya yang terletak di rahim sebelah kiri. Sehingga dalam posisi tidur miring ke kanan keadaan janin akan menggantung. Anda dapat tidur dengan posisi ini pada saat awal waktu tidur Anda, setelah itu rubahlah posisi Anda dengan tidur miring ke kiri.

4. Posisi Miring Ke Sisi Kiri
Belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil, tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi ini. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu hamil yang memasuki usia trimester II.
Posisi ini memberi keuntungan untuk Anda dan bayi Anda. ]anin dalam kandungan akan mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Untuk sang ibu, posisi ini dapat membantu ginjal membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu. Sehingga hal itu dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan pegelangan kaki dan tangan.

Baca Juga

Itulah tadi beberapa posisi tidur saat ibu hamil yang dapat admin bagikan ya bun. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan artikel info penting ini ke bumil yang lain ya, dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jangan lupa ikuti blog ini agar tidak ketinggalan informasi penting, inspirasi, tutorial dan pendidikan yang kami bagikan di sini.

Jika Anda punya informasi seputar posisi tidur yang baik bagi ibu hamil yang belum admin sampaikan pada artikel ini boleh ditambahkan ya bun di kolom komentar di bawah. Terimakasih dan semoga bayi dalam kandungan Anda menjadi generasi hebat untuk masa keemasan Indonesia mendatang. Salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel