Iklan di bawah Navigasi

Persiapan saat Due Date Melahirkan Sudah Dekat

Rumah Dosen - Jika ini adalah kehamilan pertama bagi pasangan suami istri, tentunya menjadi hal yang membuat Anda bingung bagaimana mempersiapkan waktu kelahiran tiba. Apa saja yang harus dipersiapkan supaya proses melahirkan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan rasa ketegangan.

Berbagai persiapan melahirkan menjelang due date sudah seharusnya dilakukan. Persiapan ini sebaiknya sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum mendekati hari H. Anda juga harus sudah mementukan apakah ingin melahirkan secara normal, caesar ataupun hypnobirthing (melahirkan di air).

Baca juga: Menghitung Usia Kehamilan yang Benar dan Tepat dengan Mudah

Memasuki akhir trimester ketiga, sudah barang tentu makin banyak pula yang harus di siapkan. Apalagi bagi pasangan suami-istri baru yang kali pertama akan mendapatkan momongan pasti akan bingung apa saja yang seharusnya disiapkan. Dengan mempersiapkan secara tepat, Anda bisa lebih tenang menjelang due date melahirkan. Sebaiknya buatlah daftar kebutuhan atau persiapan apa yang harus dilakukan. Berilah cek list pada daftar atau poin yang sudah disiapkan atau sudah dilakukan. Dengan cara ini, semua persiapan proses melahirkan menjadi tidak ada yang terlewatkan.

Berikut ini kami sajikan secara garis besar hal-hal yang sebaiknya Anda siapkan menjelang due date melahirkan:

1. Belanja Kebutuhan Ibu dan Bayi


Rumah Dosen - Daftar list kebutuhan ibu dan bayisumber gambar: google.com/

Berbelanja kebutuhan ibu dan bayi harus Anda lakukan jauh hari ya mungkin sekitar 3 bulan menjelah due date. Anda bisa membeli beberapa kebutuhan pokok untuk sang buah hati seperti popok, handuk bayi, kain bendong, tisu basah, waslap mandi, deterjen khusus bayi, pakaian bayi dengan sarung tangannya, kaos kaki dan topi penghangat. Jangan lupa juga perlengkapan mandi si bayi secara lengkap. Botol susu juga jangan terlewat ya, sebagai alat si bayi minum ASI ketika ia masih kesusahan mengenyot ASI dari ibunya.

Kemudian perlengkapan melahirkan lainnya yang harus Anda siapkan untuk sang ibu di antaranya, kain kassa, obat penghilang nyeri, pakaian khusus menyusui hingga alat pompa ASI lengkap dengan botol kaca sebagai wadah penyimpanan ASI.

2. Mengikuti Kelas Persiapan Melahirkan


Rumah Dosen - Mengikuti kelas persalinansumber gambar: popmama.com

Dikutip dari praktisi perawat Lynette Miya, MN, RNP dalam Fit Pregnancy, bagi calon ibu disarankan untuk mengikuti kelas kursus persiapan melahirkan. Dengan begitu, pengetahuan mengenai bedah caesar dan epidural bisa lebih memahami secara jelas.

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki ibu hamil tentang persalinan, maka semakin baik juga bagi kesiapan ibu hamil menjelang due date melahirkan. Sebab setelah melahirkan akan ada beberapa perubahan yang mungkin akan dialami olehnya, seperti baby blues, perubahan vagina dan penurunan gairah seks.

Baca juga: 5 Hal Mengesankan yang Dilakukan Bayi Saat di Kandungan

3. Tentukan Dokter dan Lokasi Persalinan


Rumah Dosen - Menentukan dokter kandungansumber gambar: google.com

Salah satu persiapan melahirkan yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan siapa dokter yang akan membantu proses melahirkan serta di lokasi mana anda ingin melahirkan buah hati Anda.

Setelah Anda memnentukannya, pikirkan juga bagaimana perjalanan menuju lokaisnya. Jangan lupa untuk mencatat nomor telpon rumah sakit atau klinik yang ingin Anda tuju sebagai persiapan melahirkan. Kami sarankan agar lokasi yang dipilih tidak terlalu jauh dari rumah Anda.

Cobalah untuk mempersiapkan opsi tempat lain juga atau di mana saja lokasi praktik dokter yang sudah ANda tentukan tadi. Karena bisa saja pada saat Anda hendak melahirkan, dokter tersebut sedang praktik di lokasi lain.

4. Daftarkan Persalinan Anda di Rumah Sakit


Rumah Dosen - Daftarkan persalinan di rumah sakitsumber gambar: freepik.com

Saat mempersiapan persalinan di rumah sakit pastikan Anda sudah memiliki rencana untuk melahirkan di mana. Memilih kamar tipe apa untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan selama proses melahirkan. Daftarkan persalinan Anda di rumah sakit paling lambat seminggu sebelum due date supaya Anda dan suami tidak melewati birokrasi yang panjang dan bertele-tele di hari H. Konsultasikan kepada dokter kandungan Anda mengenai kapan Anda harus menghubungi dan berangkat ke rumah sakit.

5. Pelajari Proses Persalinan


Rumah Dosen - Pelajari proses persalinansumber gambar: google.com

Anda perlu mempelajari proses melahirkan. Mengetahui teknis bernapas ketika mengejan, cara menyusui sampai bagaimana cara memandikan buah hati yang baru lahir. Pelajari beberapa teknis mengurangi rasa sakit menjelang melahirkan contohnya self-hypnosis, perubahan posisi persalinan dan beberapa metode pernapasan. Pelajari juga beberapa posisi seperti berdiri, berlutut, duduk dan jongkok yang berguna untuk memudahkan proses persalinan.

6. Packing Barang


Rumah Dosen - Persiapan melahirkansumber gambar: google.com/

Packing barang juga harus Anda siapkan menjelang persalinan di rumah sakit misalnya melahirkan normal di rumah sakit bisa membutuhkan waktu 2-3 hari di sana sehingga Anda harus menyiapkan untuk barang-barang yang dibutuhkan selama menginap di rumah sakit. Siapkan tas-tas untuk menyimpan dokumen-dokumen penting serta untuk keperluan ibu dan anak.

Untuk tas dokumen sebaiknya jangan terlalu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tas ini berisi:

- KTP

- Kartu asuransi

- Formulir

- Data-data rumah sakit

- Nomor telepon penting yang dapat dihubungi

- Handphone

- Charger


Kemudian tas untuk keperluan ibu sebaiknya lebih besar. Isi dalam tas ini diantaranya:

- Baju Ganti yang dapat memudahkan untuk menyusui

- Perlengkapan mandi

- Bra khusus menyusui

- Pembalut khusus ibu setelah melahirkan


Selanjutnya tas keperluan sang buah hati. Berikut barang-barang untuk persiapan melahirkan untuk bayi yang baru lahir:

- Baju bayi

- Selimut kecil

- Topi bayi

- Sarung tangan dan kaus kaki

- Pampers


7. Lakukan Olahraga Ringan


Rumah Dosen - Senam ibu hamilsumber gambar: popmama.com

Bagi ibu hamil yang giat berolahraga ringan akan lebih siap secara fisik sehingga dapat mentolerir rasa lelah saat melahirkan. Olahraga ringan ini bisa Anda lakukan sekitar 30 menit setiap 2 hingga 4 kali dalam seminggu. Secara psikologis, senam ibu hamil juga dapat membantu pikiran ibu hamil lebih fresh dan selalu berfikir positif sehingga lebih siap untuk menghadapi persalinan normal.

8. Memanjakan Diri


Rumah Dosen - Manjakan diri ibu hamilsumber gambar: freepik.com

Untuk menghindari diri dari rasa stres, persiapan melahirkan yang dapat Anda coba adalah memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan melakukan body spa atau perawatan kecantikan agar Anda merasa nyaman.

Nah demikianlah delapan persiapan menjelang due date yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa share atau bagikan artikel bermanfaat ini kepada rekan Anda yang tengah hamil juga agar dapat membantu mereka mempersiapkan hari kelahiran buah hati mereka. Caranya dengan klik tombol share sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan informasi atau artikel yang kami bagikan di sini, Anda dapat berlangganan dengan mengisi email Anda di Kolom NewsLetter yang kami sediakan. Jadi Anda tidak akan ketinggalan setiap kami mengupload artikel terbaru. Terimakasih dan salam berbagi !

Baca Juga: Faktor yang Sangat Berpengaruh Agar Bayi Anda Lahir Sehat dan Normal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel