Iklan di bawah Navigasi

Menghitung Usia Kehamilan yang Benar dan Tepat dengan Mudah

Rumah Dosen - Kehamilan pertamakali bagi pasangan suami istri adalah momen spesial yang sangat ditunggu-tunggu. Biasanya setelah mengetahui akan kehamilan sang istri, mereka langsung menghitung usia kehamilan. Dengan menghitung usia kehamilan, kita dapat memperediksi waktu kelahiran serta usia bayi saat ini di kandungan. Umumnya menghitung usia kehamilan adalah dalam minggu atau bulan.

Baca Juga


Berikut adalah cara menghitung usia kehamilan yang benar dan tepat dengan mudah:


Rumah Dosen - Menghitung Usia Kehamilansumber gambar: google.com

1. Berdasarkan Waktu Haid
Cara menghitung usia kehamilan dalam hitungan minggu atau bulan dapat dilakukan secara manual dengan cara menghitung waktu haid. Hari pertama haid terakhir (HPHT) haid dijadikan patokan sebagai hari pertama usia kehamilan.

Pada umumnya cara menghitung usia kehamilan dengan melihat HPHT dilakukan pada wanita yang meiliki siklus haid yang teratur dalam 28 hari. Pertama, kita harus menentukan telebih dahulu HPHT-nya kemidan kita tambahkan 1 tahun lalu kita tambah lagi 7 hari dan terakhir dikurangi 3 bulan.

Berikut simulasinya:
HPHT tanggal 22 September 2019 + 1 tahun = 22 September 2020
Kemudian, 22 September 2020 + 7 hari = 30 September 2020
Lalu, 30 September - 3 bulan = 30 Juni 2020

Hitungan di atas didasarkan pada asumsi kehamilan selama 9 bulan atau 40 minggu atau 280 hari. Dengan cara tersebut, prediksi kelahiran bayi akan terjadi pada tanggal 30 Juni 2020.

Rumah Dosen - Tes USGsumber gambar: google.com/

2. Melalui tes USG
Cara lain untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan melalui tes USG. Cara ini dapat Anda lakukan jika periode masa haid yang Anda alami tidak teratur. Caranya ini cukup mudah, karena Anda hanya perlu datang ke rumah sakit atau menemumui dokter spesialis kandungan utuk dilakukan tes USG.
Memeriksa kandungan sebaiknya dilakukan pada awal kehamilan. Karena, cara menghitung usia kehamilan akan lebih mudah sebab kecepatan pertumbuhan yang sama. Jika hasil USG kurang dari 20 minggu, biasanya tingkat akurasinya adalah plus minus 3 hari.

3. Menggunakan Aplikasi

Cara ketiga ini ada kemungkinan cara menghitungnya seperi pada cara pertama, hanya saja dihitung secara automatis. Anda hanya perlu mendownload aplikasi tersebut di googleplay kemudian pengguna cukup hanya memasukkan data-data seperti hari terakhir haid, dan lain-lain.

Selamat mencoba ya!

Baca Juga


Nah itulah tadi 3 cara mengitung usia kehamilan Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa share atau bagikan artikel info penting ini ke ibu hamil yang lain ya, dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jangan lupa ikuti blog ini agar tidak ketinggalan informasi penting, inspirasi, tutorial dan pendidikan yang kami bagikan di sini.

Jika Anda punya informasi bermanfaat bagi ibu hamil atau seputar cara menghitung usia kehamilan yang belum admin sampaikan pada artikel ini, boleh ditambahkan ya bun di kolom komentar di bawah. Terimakasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel