Iklan di bawah Navigasi

Ini Gerakan Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

Rumah Dosen - Olahraga secara rutin selama masa kehamilan mempunyai manfaat yang banyak bagi ibu hamil dan juga bagi bayi dalam kandungan. Namun wajib Anda perhatikan, olahraga seperti apa yang aman untuk dilakukan pada masa kehamilan.

Rumah Dosen - Senam khusus ibu hamilsumber gambar: google.com/

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur berpendapat bahwa ibu hamil tetap harus melakukan gerakan-gerakan atau aktivitas, sebab kehamilan merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi, kebanyakan ibu hamil cukup berisiko pada awal masa kehamilan di 4 bulan pertama, oleh karenanya perlu berhati-hati dalam melakukan olahraga.

dr Muliaman juga berpendapat bahwa janin baru tertanam di dalam rahim pada masa 4 bulan pertama kehamilan. Bagi beberapa ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran lebih dari sekali, mengalami mual muntah yang hebat, ataupun ibu yang memerlukan perlakuan khusus dalam proses terjadinya kehamilan seperti inseminasi kondisi yang tidak fit atau melakukan bayi tabung untuk memperolah kehamilan,  harus berhati-hati jika melakukan aktivitas olahraga. Terlebih jika olahraga yang dilakukan memiliki resiko yang tinggi misalnya olahraga panjat tebing, lomba lari, bela diri atau arung jeram ini wajib dihindari.

Baca juga : Ini Proses Melahirkan Normal, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan di masa kehamilan, lanjut dr Muliaman, di antaranya adalah:

1. Jalan-jalan santai

berjalan-jalan ringan di sekitar kompleks rumah pada pagi hari. Berjalan merupakan salah satu olahraga paling mudah yang dapat Anda lakukan. Berjalan akan membantu Anda menjaga kebugaran tubuh dan mempertahankan kondisi badan agar selalu fit selama masa kehamilan. Tentunya, lakukanlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, jangan dipkasakan sampai lelah yang berlebih kira-kira sekitar 10 sampai 15 menit setiap pagi saja sudah cukup.

2. Berenang

Olahraga berenang juga bisa Anda lakukan selain hanya sekedar berjalan-jalan santai. Dengan melakukan olahraga renang yang wajar, ini dapat melatih otot-otot tubuh Anda untuk mempersiapkan masa persalinan yang membutuhkan banyak energi dan fisik yang kuat. Selain dari segi kesehatan tubuh, berenang saat Anda hamil juga akan menyenangkan bagi Anda karena dilakukan di dalam air. Pada dasarnya daya apung air dapat membantu meringankan tubuh dan dapat menghilangkan tekanan yang berlebih pada otot dan sendi yang lemah.

3. Senam Zumba atau senam Prenafit

dr Muliaman juga menyarankan agar ibu hamil melakukan senam Zumba ringan atau senam khusus kehamilan, misalnya senam Prenafit. Senam ini dapat melatih Anda dalam mempersiapkan waktu melahirkan melalui gerakan-gerakan ringan yang terdapat di dalam serangkaian gerakan senam tersebut.

Senam ini dapat melatih gerakan-gerakan ringan yang bermanfaat bagi Anda selama masa kehamilan seperti bagaimana posisi tidur yang baik bagi ibu hamil, posisi duduk yang disarankan sesuai medis. Kemudian gerakan transisi dari posisi tidur atau duduk peralih ke posisi berdiri serta bagaimana mengatur pernafasan Anda. Tidak hanya itu, senam ini juga dapat melatih otot perut dan otot panggul Anda sebagai persiapan kelak saat melahirkan. Olahraga dan senam ibu hamil ini dapat Anda awali ketika usia kandungan Anda sudah memasuki usia ke-3 atau ke-4 bulan yang dapat Anda lakukan selama 30 hingga 45 menit setiap harinya.

Selain melakukan tiga macam olahraga di atas, Anda juga membutuhkan nutrisi baik nustri mikro maupun makro yang memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan bayi dalam kandungan supaya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Meski demikian, bukan berarti Anda harus makan dua kali lipat dari biasanya ya.

dr Muliaman juga menambahkan bahwa selama berolahraga dan kehamilan, Anda juga perlu memperhatikan dan memastikan bahwa nutrisi untuk janin dan Anda sudah terpenuhi dengan baik. Hamil tidak berarti harus makan dua kali lipat lebih banyak dari biasanya, akan tetapi memang harus ada tambahan suplemen dan nutrisi mikro selama masa kehamilan yang dapat Anda dapatkan dari meminum susu khusus ibu hamil.

Baca juga : Persiapan saat Due Date Melahirkan Sudah Dekat

Carilah susu khusus ibu hamil yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi baik untuk Anda maupun untuk si kecil. Kandungan nutrisi dalam susu yang Anda minum setidaknya mengandung nutrisi makro untuk tambahan kalori 160 kcal/serving. Kemudian juga mengandung nutrisi mikro seperti asam float, zat besi, DHA, Kalsium, omega 3 dan omega 6 yang diperlukan oleh si bayi.

Selain itu, susu yang ANda minum sabaiknya susu yang dapat membentuk UHT sehingga cocok dibawa untuk bekal tambahan saat berpergian. Dengan konsumsi makan yang baik dan nutrisi yang cukup serta olahraga yang teratur, tentunya dapat memperlancar kehamilan dan buah hati Anda tumbuh sehat sampai proses melahirkan.

Nah itulah tadi beberaa olahraga yang bisa Anda coba dan tidak berbahaya baik bagi ANda sendiri maupun bagi bayi dalam kandungan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

Yang lagi Viral : Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI yang Sebut Berenang Bisa Bikin Hamil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel