Iklan di bawah Navigasi

Agar Tidak Caesar, Cara Sederhana Ini Dapat Membantu Anda Melahirkan Normal

Rumah Dosen - Semakin canggihnya teknologi di zaman modern sekarang ini, tidak terkecuali dalam bidang ilmu kesehatan terutama dalam hal proses melahirkan. Teknologi saat ini sudah dapat melakukan operasi caesar secara terencana, meski demikian banyak ibu hamil yang memprioritaskan agar sang buah hati tetap lahir melalui proses normal.

Rumah Dosen - Menjaga kesehataan saat hamilsumber gambar: google.com/

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses persalinan yang diinduksi (selain proses normal) tidaklah sebaik proses melahirkan secara normal. Jika Anda sebagai ibu hamil melakukan proses persalinan sang buah hati secara normal maka proses pemulihan setelah melahirkan juga akan lebih cepat serta kemungkinan bayi cacat lahir juga dapat diminimalisir secara maksimal. Oleh karena itu, apa  saja hal-hal yang wajib Anda lakukan agar dapat memastikan bahwa Anda akan bisa melakukan proses melahirkan normal?

Berikut ini kami sajikan untuk Anda beberapa cara sederhananya yang dapat Anda lakukan selama masa kehamilan. Agar dapat membantu Anda untuk bisa melakukan proses persalinan sang buah hati nantinya secara normal. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Selalu Menjaga Kesehatan Tubuh

Rumah Dosen - Jaga kesehataan saat hamilsumber gambar: google.com/

Anda wajib menjaga kesehatan tubuh Anda selama masa kehamilan. Dengan menjaga kesahatan tubuh Anda,  hal ini mampu menahan kontraksi serta mengurangi rasa kelelahan pada saat proses melahirkan normal berlangsung. Tahukah Anda bahwa melahirkan bayi itu dapat kita ibaratkan seperti menarik 40 gajah besar secara bersamaan. Ini artinya Anda harus mengumpulkan banyak energi untuk dapat mendorong sang buah hati Anda keluar dari dalam rahim. Jika Anda mengalami gangguan pada kesehatan Anda, tentunya akan membuat semuanya menjadi rumit.

2. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Rumah Dosen - Pola makan saat hamilsumber gambar: google.com/

Anda sebaiknya mengikuti diet yang sudah disarankan oleh dokter kandungan Anda agar kebutuhan gizi Anda dan janin dapat terpenuhi dengan baik. Cadangan zat besi serta kalsium yang cukup harus Anda siapkan guna mengatasi pendarahan pada saat proses melahirkan normal.

BACA JUGA : Ini Proses Melahirkan Normal, Ibu Hamil Wajib Tahu!

3. Minumlah Banyak Air

Rumah Dosen - Cukup air saat hamilsumber gambar: google.com

Semakin banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda (air putih) maka semakin baik pula karapas amnion Anda. Tahukah Anda bahwa bayi dalam kandungan Anda berada di dalam kantong air, jadi cairan bayi akan kembali memberikan energi. Delapan hingga 10 gelas air setiap hari merupakan suatu keharusan.

4. Tetap Melakukan Aktivitas Saat Hamil

Rumah Dosen - Beraktivitas saat hamilsumber gambar: google.com

Hamil bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan seperti hanya duduk diam di rumah tanpa melakukan aktivitas apapun. Anda sedang mengalami hamil bukan sedang dalam keadaan sakit jadi teruslah melakukan pekerjaan normal Anda seperti biasanya. Dengan demikian tubuh Anda selalu dalam keadaan yang aktif. Pertengkaran sakit punggung dan varises akan terus berlanjut hingga hari terakhir haid Anda. Inilah yang akan meningkatkan kesempatan Anda agar dapat melakukan proses melahirkan secara normal secara fenomenal.

BACA JUGA : Persiapan saat Due Date Melahirkan Sudah Dekat

5. Melakukan Latihan Pralahir

Rumah Dosen - Latihan pralahirsumber gambar: google.com/

Ada baiknya Anda juga melakukan olahraga ringan yang dapat membantu Anda menggerakkan otot-otot tubuh. Dengan begitu Anda akan tetap berada pada posisi yang baik untuk melahirkan dengan normal. Salah satu yang utama dan sangat berguna untuk memberikan dorongan bayi keluar dari rahim adalah latihan yang melibatkan pada proses pelenturkan otot vagina. Jika Anda belum mengetahui olahraga apa saja yang aman bagi ibu hamil silahkan baca artikel berikut.

Rekomendasi untuk Anda: Ini Gerakan Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

6. Ikuti Kelas Melahirkan

Anda juga harus mempersiapkan mental untuk menghadapi sakitnya proses melahirkan, karena persiapan fisik saja tidaklah cukup. Oleh karena itu, ikutilah kelas khusus persalinan bagi ibu hamil yang sudah ada di hampir semua rumah saki. Biasanya kita takut pada hal yang tidak kita ketahui oleh karenanya konselor akan memberikan pengetahuan tentang semua hal yang perlu Anda ketahui tentang melahirkan normal. Jangan sampai dokter Anda merencanakan operasi caesar hanya karena Anda tidak berani merasakan sakit yang luar biasa pada saat proses melahirkan normal.

Nah itulah Cara Sederhana yang Dapat Membantu Anda Melahirkan Normal yang dapat kami informasikan kepada Anda.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

BACA JUGA : Menghitung Usia Kehamilan yang Benar dan Tepat dengan Mudah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel