Iklan di bawah Navigasi

Cara Perawatan Payudara yang Benar Selama Masa Kehamilan


Rumah Dosen – Jika ada artikel sebelumnya admin share info Tips Menciptakan Bayi Pintar Sejak dalam Kandungan masih ke bayi oriented ya Bun, nah pada postingan kali ini special buat bumilnya nih yaitu bagaimana Cara Perawatan Payudara yang Benar Selama Masa Kehamilan.

Salah satu bagian penting yang harus Anda perhatikan sebagai persiapan untuk menyusui nantinya adalah perawatan payudara selama kehamilan Anda. Saat kehamilan, payudara akan membesar dan daerah sekitar puting akan lebih gelap warnanya dan juga lebih sensitif. Semua ini terjadi untuk persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan kepada bayinya saat ia lahir nanti.

Rumah Dosen - Merawat payudara saat hamilsumber gambar: google.com/

Berikut ini admin Rumah Dosen bagikan beberapa tips cara perawatan payudara selama kehamilan:

Bila BH Anda sudah mulai terasa sempit, sebaiknya mengantinya dengan BH yang pas dan sesuai dengan ukuran Anda untuk memberikan kenyamanan dan juga support yang baik untuk payudara Anda.

Bila Anda berencana untuk menyusui Anda dapat memulai menggunakan bh untuk menyusui pada akhir kehamilan Anda. Pilihlah bh yang ukurannya sesuai dengan payudara Anda, memakai BH yang mempunyai ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ayudara dapat menyebabkan infeksi seperti mastitis [suatu infeksi pada kelenjar susu di payudara].

Persiapkan puting susu Anda. Dengan lembut putar puting antara telunjuk dan ibu jari Anda sekitar 10 detik sewaktu Anda mandi. Jika Anda mendapatkan kesulitan atau puting susu Anda rata atau masuk kedalam, konsultasikan ke dokter Anda, sehingga hal ini dapat diatasi dini untuk mencegah kesulitan nantinya.

Pada tahap akhir bulan kehamilan, cobalah untuk memijat lembut payudara di daerah yang berwarna gelap [aerola] dan puting susu, Anda mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes kolustrum [cairan kental bewarna kekuningan dari puting]. Untuk membantu membuka saluran susu.
Bersihkan payudara dan puting, jangan mengunakan sabun didaerah puting dapat menyebabkan daerah tersebut kering. Gunakan air saja, lalu keringkan dengan handuk.

Baca Juga

Nah itulah tadi Cara Perawatan Payudara yang Benar Selama Masa Kehamilan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa share atau bagikan artikel info penting ini ke bumil yang lain ya, dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jangan lupa ikuti blog ini agar tidak ketinggalan informasi penting, inspirasi, tutorial dan pendidikan yang kami bagikan di sini.

Jika Anda punya informasi bermanfaat bagi ibu hamil atau tentang Bagaimana Tips Perawatan Payudara yang Benar Selama Masa Kehamilan yang belum admin sampaikan pada artikel ini boleh ditambahkan ya bun di kolom komentar di bawah. Terimakasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel