Iklan di bawah Navigasi

7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil

Rumah Dosen - Masa awal kehamilan merupakan masa yang tidak mudah dilalui bagi sebagain besar ibu hamil. Pasalnya, berbagai keluhat kerap dirasakan yang disebabkan adanya perubahan yang terjadi pada tubuh akibat perubahan hormon kelamilan. Keluhan yang hampir semua ibu hamil mengalami adalah mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan.

Rumah Dosen - Mual saat hamilsumber gambar: google.com/

Seorang ahli kandungan sekaligus penulis The Working Woman's Pregnancy Book, dr. Marjorie Greenfield berpendapat bahwa sekitar 70% wanita hamil mengalami mual dan sekitar 50% juga mengalami muntah di masa awal kehamilannya. Frekuensi mual dan muntah yang dialami setiap ibu hamil berbeda-beda. Ada yang tergolong ringan, namun tidak sedikit yang merasa sangat mengganggu aktivitas rutin mereka.

Baca Juga : 5 Keluhan Ini Kerap Dirasakan Ibu Hamil, Berbahayakah?

Nah pada artikel kali ini akan kita bahas 7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil.

Mari kita simak bersama !


1. Menghirup aroma-aroma segar
Munculnya hormon estrogen pada ibu hamil menyebabkan sensitifitas indera penciuman ikut meningkat. Itulah sebabnya pada trimester pertama kebanyak ibu hamil kerap mengalami mual hingga muntah. Dengan meningkatnya sensitifitas indra penciuman, Anda dapat mengirup aroma yang kurang seda meskipun berjarak cukup jauh atau mengalami alergi pada aroma-aroma tertentu sehingga Anda akan mual dan atau muntah.

Anda dapat mencoba menghirup aroma-aroma segar seperti lemon, rosemary atau aroma-aroma lain yang Anda suka. Hal ini dapat mengurangi mual saat hamil muda. Tapi perlu diperhatikan, pilihlah aroma-aroma yang mengandung bahan alami, ya!

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Pada masa kehamilan kebutuhan cairan tubuh akan lebih banyak dari biasanya. Sepuluh hingga 12 gelas air putih per hari jangan sampai Anda lewatkan. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan, suhu tubuh Anda akan terjaga dengan baik sehingga, rasa mual dan ingin muntah bisa diminimalisir.

3. Konsumsi makanan sedikit demi sedikit
Merasakan perut kembung saat hamil sering dialami para ibu hamil muda. Hal ini disebabkan karena meningkatnya asam lambung. Efeknya mengakibatkan nafsu makan Anda berkurang sebab rasa mual tidak tertahankan. Padahal Anda tetap harus makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan nutri bagi janin dalam kandungan.

Tipsnya adalah, makan sedikit demi sedikit namun sering. Karena memaksakan makan banyak-banyak, hal ini justru dapat memberatkan kinerja sistem pencernaan Anda. Akibatnya rasa mual hingga muntah malah justru semakin meningkat. Anda bisa siapkan cemilan seperti biskuit ketika bepergian untuk menahan rasa mual. Jangan sampai Anda membiarkan perutmu dalam keadaan kosong, ya!

Baca Juga :
    •  7 Hal yang Sebaiknya Anda Hindari Saat Hamil Trimester Pertama
    •  5 Jenis Buah-buahan yang Bisa Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

4. Konsumsi wedang jahe atau permen jahe
Jahe dipercaya dapat membantu mengatasi mual saat hamil. Buatlah wedang jahe dengan cara menambahkan jahe yang sudah diiris tipis-tipis ke dalam air hangat atau teh. Cobalah minum perlahan sampai rasa mual mereda. Pilihan lainnya jika anda tidak mau repot-repot membuat wedang jahe, Anda bisa membeli permen jahe dan mengemutnya dengan segera ketika rasa mual datang.

5. Mengalihkan perhatian rasa mual dengan hal yang Anda sukai
Rasa mual yang Anda rasakan begitu mengganggu? Coba alihkan perhatian Anda dengan melakukan hal-hal sederhana yang Anda sukai seperti windows shopping, stalking instagram, atau hal sederhana lainnya. Dengan demikian rasa mual yang Anda rasakan dapat terlupakan sementara waktu.

Jika Anda hobi membaca, selain untuk mengalihkan perhatian Anda pada rasa mual, Anda juga akan mendapatkan wawasan tambahan dari buku yang Anda baca, atau membaca artikel seputar kehamilan seperti yang sedang Anda lakukan sekarang ini. Atau kalau Anda suka bermain games di gadget, boleh juga, atau dibawa jalan-jalan ringan sambil menghirup udara segar di sekitar rumah juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Olahraga ringan atau sering disebut senam ibu hamil juga dirasa bisa mengurangi rasa mual menurut beberapa ibu hamil. Namun perlu diperhatikan, olahraga semacam apa yang baik dan tidak berbahaya untuk dilkakukan oleh ibu hamil.

Anda bisa baca artikel kami : Gerakan Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil

6. Hindari hal-hal yang bisa membuat Anda mual
Bisa jadi, rasa mual yang Anda rasakan berasal dari sesuatu hal yang tidak Anda sukai. Cobalah Anda perhatikan, hal apa saja yang dapat memicu rasa mual? Mungkin bau makanan tertentu? Jika Anda sudah mengetahui apa saja yang dapat membuat Anda mual, cobalah untuk menghindarinya.

7. Pastikan istirahat Anda cukup
Cukup istirahat merupakan hal sederhana yang paling ampuh dalam meredakan rasa mual dan berbagai keluhan lainnya saat hamil. Saat rasa mual melanda, cobalah menarik napas panjang  lalu luangkan sejenak untuk tidur. Banyak ahli kandungan yang mengatakan bahwa tidur merupakan cara paling tepat yang dapat menghindari mual-mual saat hamil muda (morning sicknes).

Nah, itulah 7 Cara Ampuh Atasi Mual saat Hamil yang dapat kami bagikan dan perlu Anda ketahui.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat serta bisa membuat Anda lebih nyaman dalam menikmati masa-masa kehamilan.

Jangan lupa share atau bagikan info penting ini kepada saudara Anda yang lain dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

Cek juga artikel-artikel antimual berikut :
   •  Tips-Tips Penting Saat Ibu Hamil Ibu Hamil Wajib Tahu
   •  Ketahui Posisi Tidur Terbaik Saat Ibu Hamil
   •  Mual Pada Masa Kehamilan Tidak Bisa Diobati Tapi Dikelola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel