Iklan di bawah Navigasi

5 Keluhan Ini Kerap Dirasakan Ibu Hamil, Berbahayakah?

Rumah Dosen - Bagi setiap pasangan suami-istri pasti sangat menunggu-nunggu akan hadirnya sang buah hati. Apalagi bagi pasangan yang baru melangsungkan pernikahan mereka biasanya akan segera merencanakan kehamilan. Tentunya bukan hanya membuat program kehamilan saja. Tantangan terbesarnya adalah bagaiamana menjaga ibu dan calon sang buah hati yang masih dalam kandungan keduanya tetap sehat hingga waktu melahirkan  (due date) tiba.

Rumah Dosen - Nyeri pinggang saat hamilsumber gambar: google.com/

Saat ibu hamil, menjaga kesehatan diri dan janin harus selalu dijaga dengan baik terlebih lagi di usia kandunga trimester pertama hingga menjelang akhir trimester kedua atau bisa kita sebut sebagai hamil muda. Pada masa hamil muda ini merupakan masa yang paling rentan sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

Baca Juga : Agar Tidak Caesar, Cara Sederhana Ini Dapat Membantu Anda Melahirkan Normal

Masa hamil muda ini merupakan masa yang bisa dikatan masa-masa yang membingungkan. Pasalnya, pada masa ini ibu akan mengalami banyak keluhan dan perubahan. Berbagai keluhan dan perubahan yang dialami harus ditangani dengan baik guna menjaga kesehatan ibu maupun calon bayi.

Beberapa macam keluhan yang umumnya dialami oleh para ibu hamil pada masa hamil muda di antaranya adalah:

1. MUAL DAN MUNTAH
Rasa mual yang dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama sebenarnya adalah normal dan tidak  perlu dikhawatirkan. Mual ini dikenal dengan istilah morning sickness. Hampir semua ibu hamil mengalami hal ini. Morning sickness ini masih tergolong normal jika tidak terjadi tanda-tanda yang membahayakan. Jika mual dan muntah yang dialami diiringi dengan turunnya berat badan, frekunsi mual dan muntah yang dialami cenderung sering dan dehidrasi maka segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan cara mengatasinya secara tepat dan benar.

2. MUDAH LELAH DAN PERUBAHAN MOOD
Hampir semua ibu hamil mengalami perubahan mood dan mudah merasa kelelahan. Perubahan mood terjadi akibat dari perubahan hormon kehamilan itu sendiri. Perubahan mood ini pada umumnya membuat ibu cenderung lebih emosional sehingga akan berpengaruh pada tergangunya aktifitas. Oleh karena itu peran pendampingan dari pasangan sangatlah penting.

3. SAKIT PUNGGUNG
Keluhan sakit punggung juga kerap dirasakan oleh para ibu hamil terutama di trimester pertama. Keluhan semacam ini biasanya sudah mulai dirasakan pada trimester pertama yang biasanya akan diikuti dengan keluhan lain seperti kaki bengkak atau pegal-pegal di leher.

Baca Juga : Ini Proses Melahirkan Normal, Ibu Hamil Wajib Tahu!

4. GANGGUAN PENCERNAAN
Gangguan pada pencernaan ini yang sering membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Keluhan pada sistem pencernaan ini seperti perut kembung, sering bersendawa dan buang angin akibat dari perubahan hormon.

5. SERING BUANG AIR KECIL
Pada masa trimester pertama, rasa ingin buang air kecil kerap dirasakan para ibu hamil. Selama tidak ada gejala yang berlebihan, kondisi seperti ini masih tergolong normal. Adanya hormon HCG dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke area panggul selama masa kehamilanlah yang menyebabkan ibu hamil sering merasakan ingin buang air kecil.

Rekomendasi Bacaan Untuk Anda :
- Ini Gerakan Olahraga yang Aman bagi Ibu Hamil
- Persiapan saat Due Date Melahirkan Sudah Dekat
- Heboh, Berenang Dengan Pria Bisa Akibatkan Kehamilan

Jika Anda tertarik dengan konten-konten di blog kami, Anda dapat berlangganan notifikasi arikel kami dengan cara subcribe kami melalui kolom NEWSLETTER atau hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Terimakasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel