Iklan di bawah Navigasi

3 Mitos Ibu Hamil ini Ternyata Menyimpan Kebenaran

Rumah Dosen - Bagi ibu yang tengah mengandung, mungkin tidak sedikit yang pernah mendapatkan berbagai bentuk 'nasehat' dari orang sekitar atau dari orang tuanya tentang kehamilan. Ada yang berupa anjuran ada yang berupa pantangan atau larangan, meski demikian tidak semua mitos tersebut dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dan hanya sebatas mitos belaka.

Rumah Dosen - Proses Melahirkansumber gambar: google.com/

Beberapa contoh yang paling populer adalah adanya anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh makan kacang sebab akan membuat alergi, dilarang berhubungan badan sebab berbahaya untuk janin, termasuk anggapan jika sering mual tandanya anak yang akan lahir berkelamin perempuan.

Meski demikian tidak semua mitos-mitos tersebut merupakan hal yang keliru. Ada beberapa mitos yang setelah dilakukan penelitian secara ilmiah ternyata ada benarya juga. Berikut ini adalah 3 mitos pada ibu hamil yang ternyata menyimpan kebenaran.

Baca Juga


1. Proses melahirkan lama kemungkinan anak yang lahir berjenis kelamin laki-laki

Belum ada yang dapat memastikan kebenarannya secara akurat, akan tetapi hasil penelitian oleh sekelompok dokter di Irlandia pada tahun 2003 menemukan fakta menarik setelah memeriksa 8.000 data persalinan dari tahun 1997 sampai tahun 2000. Hasil penelitian tersebut menghasilkan fakta bahwa rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh ibu yang melahirkan bayi laki-laki berlangsung lebih dari enam jam sedangkan ibu yang melahirkan bayi perempuan rata-rata hanya membutuhkan wakti di bawah enam jam. Hipotesis yang diambil dari penelitian ini adalah bayi laki-laki ada kemungkinan membutuhkan waktu lebih lama karena rata-rata bobot tubuhnya lebih besar dibanding bayi perempuan.

2. Jika menginginkan anak lahir perempuan, hindari makan pisang

Penelitian yang dilakukan terhadap 740 ibu hamil pada tahun 2008 dan hasilnya sudah dipublikasikan juga di jurnal Proceedings of the Royal Society ditemukan bahwa mengkonsumsi potasium lebih banyak memiliki kaitan dengan lebih besar kemungkinan bayi yang lahir adalah laki-laki. Pisang merupakan salah satu makanan dengan kandungan potasium yang cukup tinggi.

Meski demikian peneliti juga mengatakan bahwa mengubah diet sampai ekstrem untuk memengaruhi jenis kelamin calon bayi adalah tindakan yang beresiko. Asupan nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan ibu hamil agar pertumbuhan bayi dalam kandungan optimal.

Rumah Dosen - Asam Lambung Naiksumber gambar: google.com/

3. Jika asam lambung sering naik, maka anak yang lahir akan memiliki rambut yang lebat

Diambil dari 64 data ibu hamil, terdapat 28 data yang memiliki masalah pada asam lambung (heartburn). Penelitian ini dilakukan oleh Johns Hopkins University pada tahun 2006. Lalu ada hal menarik yang menjadi perhatian penelitian ini?, yakni terdapat 23 ibu hamil yang melahirkan bayi dengan rambut yang lebih lebat dari rata-rata dan ternyata semuanya memiliki masalah pada asam lambung. Jika dibandingkan dengan yang tak memiliki masalah pada asam lambung, hanya terdapat 10 ibu hamil saja yang melahirkan bayi dengan rambut yang lebih lebat dari rata-rata.

Anggapan peneliti, kemungkinan hal ini terjadi karna adanya hormon yang memengaruhi pertumbuhan rambut pada tubuh bayi bereaksi dengan otot perut ibunya sehingga ibu hamil jadi sering mengalami masalah asam lambung.

Nah itulah tadi 3 Mitos Ibu Hamil yang Ternyata Menyimpan Kebenaran. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa share atau bagikan artikel info penting ini ke bumil yang lain ya, dengan cara klik tombol sosial media yang ada di bawah artikel ini.

Jangan lupa ikuti blog ini agar tidak ketinggalan informasi penting, inspirasi, tutorial dan pendidikan yang kami bagikan di sini.

Jika Anda punya informasi seputar mitos yang sudah dapat dibuktikan dengan hasil penelitian medis selain 3 mitos di atas, silahkan Anda ditambahkan ya Bun di kolom komentar di bawah. Terimakasih dan salam berbagi !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel